Tuesday, December 22, 2015

Cara Terbaik Mengatasi dan Menanganinya Cyber Bullying

cara mengatasi Cyber Bullying

Apa itu cyberbullying?

Cyberbullying adalah Intimidasi dari seorang Cyber yang merupakan bentuk dari ungkapan pelecehan yang dilakukan melalui layanan Internet, seperti email, chat room, kelompok diskusi, situs jejaring sosial, instant messaging atau halaman web.


Anda juga bisa memasukkan intimidasi melalui teknologi mobile, seperti pesan teks telepon.

Dan juga ada kabar bahwa lebih dari sepertiga dari remaja Amerika telah menjadi korban cyberbullying.


Pengertian cyber bullying ?

Cyber Bullying adalah penggunaan teknologi yang dimanfaatkan untuk

mengancam, mempermalukan, mengintimidasi atau mengkritik orang lain.

Seperti pada ancaman online ini pesan teks kasar, pesan menghina dikirim melalui Twitter, Facebook, BBM, komentar diposting, maupun media Internet lainnya.
Bukan hanya itu saja, Cyber Bullying juga bisa berupa informasi atau video pribadi yang dapat untuk menyakiti atau mempermalukan orang lain.


contoh cyberbulling yang saya pakai menggunakan nama saya :


Junaidi Saputra ialah seorang mahasiswa perguruan tinggi,
karena junay berhenti kuliah angkatan seperguruan tingginya mulai menghina melaui email, dan pesan teks, bbm, facebook, twitter, komentar yang diposting, mau pun media internet lainnya.

Itulah contoh sederhana dari pelaku Cyber Bullying yang dapat kita pahami dengan mudah dan cepat.

Ketika saat ini kita terkena cyberbullying, mungkin kita akan mengatakan bahwa pengalaman ini sangat mengerikan dan membuat kita terganggu.

Tetapi dengan hal tersebut kita bisa mengambil hikmahnya saat kita diserang oleh para pelaku Cyberbullying, dan menjadi lebih kepada sadar diri sendiri dan menjadi lebih berempati dengan orang lain agar tidak melakukan hal yang serupa kepada orang lain.

Kebanyakan orang tidak tau apa itu cyberbullying ?

Padahal mereka sendiri adalah para pelaku cyberbullying tersebut.

Kenapa saya bilang begitu ?

Ya, karena mereka yang melakukan penghinaan, menjelekkan, dan membully orang melalui internet ialah para pelaku cyberbullying.


Berikut ini adalah beberapa saran tentang apa yang harus dilakukan ketika anda atau seseorang yang anda tahu terlibat dalam jenis pelecehan tersebut Cyber Bullying :
Dalam beberapa situasi, cyberbullying adalah diskriminatif atau Komentar mengintimidasi atau meremehkan seseorang. Para pelaku berfokus pada aspek-aspek seperti jenis kelamin, agama, orientasi seksual, ras atau perbedaan fisik dari orang lain untuk dapat melakukan penghinaan.

Mungkin ada yang bertanya seperti ini “Apakah cyberbulling itu dibuat sendiri atau ciptaan alami dari teknologi ?” akan saya jawab seperti ini “iya, cyberbulling di buat sendiri oleh pelaku dengan menggunakan fungsi dari teknologi tersebut”.

Tindakan ini dianggap bentuk dari diskriminasi dan melawan hukum di banyak negara.

Kenapa tidak ?

Ini berarti pelaku sudah bertindak sebagai penegakan hukum, yang mencampuri dalam hukum suatu negara dengan menjadi penguntit dan bisa menghadapi hukuman berat.

Pelecehan atau penghinaan di dunia maya dapat sangat menyakitkan dan menyinggung dihati seseorang. Seperti yang biasanya orang gunakan ialah kata - kata anonim dan sangat sulit untuk mengidentifikasi penguntit.

Karena perbuatan tersebut, orang dapat tersiksa 24 jam sehari, tujuh hari seminggu, pada saat mereka melihat ponsel atau komputer, karena pelaku telah mengintimidasinya.

Tadi sudah saya bilang juga, bahwa pelaku perbuatan cyberbulling ini mungkin akan tidak menyadari apa yang dikatakan atau diperbuat melalui internet, karena itu kita harus berhati - hati dalam berprilaku di media internet atau jejaring sosial.

Intimidasi dari pelaku Cyber Bullying memang sangat mudah membuatnya, karena tidak harus menghadapi korbannya secara langsung tatap muka.

Itu pula yang membuat prilaku cyber bullying sering dapat kita jumpai di jejaring sosial, mungkin saat itu kita tak menyadari, tetapi saat ini kita sudah mengetahui, dan semestinya kita lebih waspada agar tidak menjadi pelaku cyber bullying yang nantinya akan membawa kita kesengsaraan..

Bukti Cyber Bullying : “Peristiwanya virtual akan tetapi konsekuensinya nyata”.

Karena teknologi memainkan peranan penting dalam kehidupan, seringkali tidak ada tempat untuk bersembunyi dari penguntit (cyber).

Pelecehan di dunia online dapat terjadi dimana saja, seperti di rumah, di sekolah, atau di tempat lain. Yang dimana seseorang dapat terhubung dengan internet.

Tak heran kalau cyberbullying menjadi sosok lain dari sebuah pelecehan. Seperti korban mengekspos masalah utama, dan terjadi : stres hidup dalam keadaan konstan, menjadi waspada atau takut, bermasalah dengan suasana hati, tingkat energi terganggu, susah tidur dan nafsu makan berkurang.

Prilaku Cyber Bullying juga dapat membuat korban merasa gelisah, cemas atau sedih. Jika seseorang sudah mengalami depresi atau cemas sebelum pelecehan tersebut, fakta mengatakan bahwa si korban akan terjadi sufrilo yang dapat memperburuk bahkan lebih dari itu.

Karena si korban itu sangat menderita saat dilecehkan, hukuman yang diterima oleh penguntit (cyber) ini pun akan mengalami hukuman berat.

Semakin banyak pusat-pusat studi dan kegiatan ekstrakurikuler yang menciptakan sistem untuk menanggapi cyberbullying.

Ada sebuah sekolah yang mengusir tim pengganggu olahraga dan bahkan sekolah. Ada beberapa jenis cyberbullying yang melanggar kode tank dan melanggar hukum anti-diskriminasi, sehingga melecehkan mungkin menghadapi masalah hukum utama.

Walaupun kebanyakan orang tak menyadari bahwa tindakkan yang di lakukannya adalah sebagai tindakan hukum yang berbahaya, ada pula orang yang melakukan tindak cyberbullying yang benar-benar disengaja untuk dilakukan.

Sifat ini dapat berupa impersonal teks, komentar yang diposting di Internet dan bentuk lain dari komunikasi online.

Hal tersebut sangat sulit untuk mengidentifikasinya, seperti pada poster, sehingga sulit untuk membedakan antara lelucon dan sesuatu yang tidak.

Orang-orang yang melakukan tindakan pelecehan yang telah diketahui melewati batas. Ini sudah dapat dianggap bukan lelucon atau karakter penghinaan terisolasi, itu adalah menghina dan ancaman konstan, jadi dapat dilapor kepihak yang berwajib.

cara menangani cyber bullying

Cara menangani dan Mengatasi Cyber Bullying :

Apa yang harus dilakukan saat terkena cyber bullying ?


Ketika anda sedang dilecehkan, para pelaku pastinya menggunakan komentar yang menyakitkan. Dan jika anda terkena atau mengetahui bahwa seseorang sedang mengalami perilaku semacam ini, tidak ada alasan bagi anda untuk diam.

Anda harus memberitahu kepada seseorang tentang semua pesan teks tersebut dan jangan lupa buktinya, seperti sms, email serupa offensiveness anda terima.

Menjelaskannya kepada seseorang

Kebanyakan ahli setuju bahwa hal pertama yang harus anda lakukan adalah memberitahu orang dewasa yang dipercaya.

Ini adalah sesuatu yang mudah diucapkan dari pada dilakukan. Orang-orang yang terkena serangan cyberbullying mungkin merasa malu atau memiliki keengganan untuk melaporkan penguntit.

Beberapa orang akan merasakan keraguaan pada saat ini, karena mereka tidak 100% aman tentang apa yang terjadi selanjutnya.

Karena itu anda diharapkan untuk memberitahukan kepada seseorang yang anda percaya. Sehingga anda akan terasa terbantu dan tidak mengalami stres yang berlebihan.

Pasti anda tau, bahwa orang tua begitu peduli terhadap anak-anak mereka, dan akan senang tiasa melindungi anak tercintanya.

Orang tua sangat fokus pada langkah-langkah pencegahan untuk menghentikan pelecehan.

Jika seseorang melecehkan anda, dan anda takut kehilangan hak anda untuk menggunakan telepon atau terhubung ke Internet, dalam menjelaskan kekhawatiran anda kepada orang tua anda.

Katakan kepada mereka betapa pentingnya bagi anda untuk terhubung dan berkolaborasi dengan mereka sampai anda menemukan solusi yang tidak melibatkan hukuman untuk anda.

Anda juga harus bernegosiasi dengan mereka tentang penggunaan yang aman dari ponsel dan komputer, sebagai hal yang paling penting adalah untuk memulai untuk menjaga di bawah kontrol pelecehan.

Anda juga dapat berbicara dengan konselor sekolah anda, psikolog, guru dipercaya, anggota keluarga anda, atau sahabat.


Sudah Terkena Cyber Bullying, Apa Yang Harus Dilakukan ?


Jauhi Komputer atau Telepon (Gadget)

Jika ada seseorang yang mengganggu anda, cobalah untuk melepaskan komputer atau mematikan telepon untuk sementara waktu, tidak menjawab pesan.

Carilah cara untuk mengalihkan perhatian anda. Seperti sesuatu yang anda sukai, hal tersebut dapat menghalangi anda untuk berpikir ke pesan ofensif tersebut.

Bawa Bermain

Cobalah anda bermain gitar, jogging, membaca buku yang bagus atau menonton film yang baik. Anda juga bisa chatting dengan salah satu orang tua atau saudara anda atau bermain dengan hewan peliharaan anda.

istirahat

Cobalah untuk , karena istirahat juga akan membantu untuk menenangkan pikiran dan membuat lebih fokus pada yang baik dalam hidup.

Ini juga akan memberikan lebih banyak waktu untuk berpikir tentang bagaimana anda ingin mengambil sesuatu.

Jangan tergoda untuk menanggapi atau membalas, akan tetapi jika itu menurut anda baik dan tidak salah untuk membalas, ya balaslah. Karena lebih baik maju dari pada menghindar.

Melaporkan pelecehan ke server Internet.

Jika situs tersebut dapat menanggapi hal tersebut atau menghilangkan pesan tersebut, maka lebih baik anda laporkan.

Seperti pada Google, Facebook, Twitter, Google+ dan YouTube, mereka sangat serius menanggapi hal tersebut, ketika seseorang menggunakan layanan untuk mengirim pesan atau konten yang kejam, merendahkan, dan membuat akun palsu.

Jika pengguna melaporkan penyalahgunaan, misalnya pelecehan, administrator dapat memblokir pengganggu, dapat sedikit mencegah menggunakan layanan tersebut.

Jika Anda sedang dilecehkan melalui pesan mobile seperti pada email. Anda bisa mengeluh ke layanan telepon atau e-mail administrator (seperti Gmail, Verizon, Comcast dan Yahoo).

Memblokir pengganggu

Sebagian besar perangkat elektronik dan komputer memiliki fungsi yang memungkinkan elektronik memblokir penguntit.

Jika Anda tidak tahu bagaimana menggunakan fungsi ini, mintalah bantuan kepada teman atau orang dewasa yang paham untuk melakukannya, anda pun bisa searching di Google atau Bing untuk mencari "memblokir pelaku cyber bullying ...(gadget anda)". 

Tingkatkan keamanan Komputer dan Gadget


Sandi sangat berguna untuk melindungi ponsel anda dan account internet anda, dan jangan malas untuk mengubah password. Pastikan tidak ada orang lain yang mengetahui password anda selain orang tua atau wali.

Jika peleku pelecehan adalah teman anda (Cyber Bullying)

Jika anda memiliki teman yang anda tahu bertindak sebagai penguntit didunia maya. Cobalah untuk bertemu dengan dia sendiri, ajak berbicara tentang rasa hormat. Dan beritahu dia bahwa perbuatan yang dia lakukan adalah salah.

Jelaskan juga bahwa prilaku dia ini termasuk dalam cyber bullying, yang dapat memiliki konsekuensi serius bagi para peleceh dan korban pelecehan dan saksi, dan saya dapat melaporkan kepihak yang berwajib.

Itu saja yang dapat saya sampai kan dalam artikel Cara Terbaik Mengatasi dan Menanganinya Cyber Bullying ini, semoga dapat membantu.

2 comments:

  1. Bagus gan, kontennya padet banget dan jelas.. makasih dah mampir ke lapak-informasi.blogspot.co.id :)

    ReplyDelete
  2. bagus. aku suka kesal sama pelaku cyber bullying. mereka berani menghujat pakai akun palsu. kasihan sama korban yang dihujat. tapi mereka memang gak bisa di cegah dan di sadarkan jadi kita musti sabar aja mendoakan dan memberi semangat sama korban

    ReplyDelete